Jumat, 04 Maret 2022

Sebuah Keluh Kesah

Akhir-akhir ini lagi sering buka media sosal, niat awal hanya ingin mencari informasi tentang apa yang terjadi di hari itu. Mungkin informasi dapat, tapi mengapa setelah melihat kolom komentar sering sekali orang dengan mudahnya menghujat, menghina, berpikiran negatif dan lain sebagainya yang bernada negatif. Semakin sini, rasanya orang Indonesia semakin tidak sehat. Apa aku yang terlalu banyak buka media sosial? Atau orang-orang seperti itu yang bertambah banyak? 

Tidak jarang, di akun akun yang aku anggap informatif justru komentarnya seperti akun tidak bermutu, kelas receh, padahal bukan. Aku ingin sekali, melihat komentar orang bernada positif, walaupun ia tidak suka sama pejabat tertentu berilah kritikan yang baik, bukan dengan menghujatnya. Miris rasanya, pendidikan saat ini apakah tidak sampai menyentuh pada perasaan mereka? Atau karena pandemi ini menjadi pelampiasan mereka untuk menyalurkan emosinya di media sosial?

Apa untungnya menghina, menghujat orang? Mengapa waktunya tidak digunakan saja untuk hal hal bermanfaat? 

Entahlah, akan sampai kapan seperti ini terus, jujur saja, aku muak, aku lelah melihat tingkah orang-orang macam itu.

Aku hanya berharap, manusia Indonesia menjadi manusia yang memiliki nilai nilai kesopanan dan etika dalam ketikannya. Tentu saja dalam kehidupan nyata juga. Mungkin memang harus aku yang menjauh dari mereka, mereka ada di mana mana. Aku harus kembali ke dunia nyata, senyatanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan kritik dan saran kepada saya. Terima kasih telah membaca.

KKN Kebangsaan 2023

Disatukan oleh tujuan yang sama, mengabdi untuk negeri. Tunggu cerita selanjutnya. Sampai bertemu di Pontianak, Kalimantan Barat!